Kamis, 20 November 2014

The Secret of K-WAVE

i want to re-post this article from Lovely today website because i think this article is really informative and can opened our eyes widely about K-wave. How can South Korea spread their culture and get it to the big globalization. I think we are Indonesian can be like them too if we struggle and hard work like Korean. I really like Korea, it started hmm.. around 8-9 years ago when i was young (high school). At the first time i saw 13 boys, all of them looks same in my eyes..kkk from my friend. They are Super Junior, but i'm pointing at 2 boys who i knew as Siwon and Kibum. They are looks so handsome than the other.
After that, day by day, month, and years, i more and more like them all. But i did't just like them, i fell in love with many things about Korea. I like their fashion and style, i like K-drama, oh i don't know... i like their language.. i feel comfort if i heard Korean speaks.

anyway, check the article below.. it's in bahasa.


------------------
Kemarin (20/11), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Tangerang, menggelar seminar Prospect of ASEAN-Korea Relationship atau Prospek Hubungan Kerjasama Korea Selatan dengan ASEAN di Lecture Hall UMN, pukul 09.00 WIB. 

Dalam rangka mempersiapkan ASEAN Economy Creative (AEC), Indonesia dalam hal ini dapat belajar dari kesuksesan salah satu negara Asia yaitu Korea Selatan. Seperti dalam bidang industri seperti, elektronik, telekomunikasi, bisnis dan hiburan. 

Seminar tersebut menghadirkan Duta Besar Korea Selatan untuk ASEANH.E Baek Seong Taek yang membahas tentang kerjasama Republic of Korea dengan ASEAN dan juga menghadirkan Kim Yong Wookkolumnis Jakarta Biz Post, yang membahas tentang K-Wave and Globalization

Rektor UMN, Dr. Ninok Leksono, mengatakan dalam sambutannya, "Kita harus belajar dari Korea, bagaimana bisa sukses suatu hari nanti." 

Seminar dibuka dengan pembahasan tentang kesuksesan budaya populer Korea atau K-Wave dan globalisasi yang disampaikan oleh Kim Yong Wook dan menarik perhatian banyak mahasiswa yang hadir. 

K-Wave atau Korean Wave (Hallyu) terdiri atas beberapa jenis yaitu K-DramaK-PopK-MovieK-FoodK-AnimationK-Fashion, Wisata dan Games yang menjadi terkenal dan menjadi budaya yang perkembangan zaman saat ini. 
Kesuksesan awal dimulai dari K-Drama berjudul "Whats's Love?" pada 1997 yang berhasil meraih rating hingga 50% di media Tiongkok. Dalam hal ini, mulai ada kekhawatiran di Tiongkok akan invasi budaya Korea melalui K-Drama. Kesuksesan K-Drama selanjutnya kembali terjadi di tahun milenium, 2002, dengan kehadiran drama 'Winter Sonata' yang berhasil meraup kesuksesan rating 20,9% di TV Jepang. Selain itu, K-Drama juga telah dikenal hingga negara Asia Timur, Iran, dengan mencapai rating hingga 86% melalui drama 'Dae Jang Geum'

Ada 4 hal utama yang menjadi faktor kesuksesan K-Drama, yaitu: 
1. Dinamis dan beragam 
2. Menceritakan kisah nyata (realistic story), mengenai cinta, keluarga, asmara dll
3. Memiliki story telling yang kuat dan beragam 
4. Teknik kamera 

Selain K-Drama, budaya Korea K-Pop mulai sukses mendunia sejak tahun 2007, melalui beberapa artisnya seperti Girl's GenerationSuper JuniorB2ST2NE1,SHINEe dan PSY serta EXO yang saat ini menjadi favorit artis K-Pop. Faktor-faktor kesuksesan K-Pop dalam globalisasi beragam seperti karena memiliki tarian dan kostum dance yang menarik. 


"K-pop sebenarnya tidak orisinil, J-Pop lebih orisinil. Tapi K-pop memiliki sisi aktif, kreatif dan lebih beragam," kata Kim Yong Wook. 

Upaya lainnya yang dilakukan oleh para artis Korea dalam globalisasi adalah dengan menggelar tur dunia ke berbagai negara mulai dari Asia, Eropa hingga Amerika. 

Selain itu, budaya K-Wave lainnya yang telah mendunia adalah film-film Korea atau K-Movie seperti Micle in Cell No.7 dan animasi seperti Pororo dan Robocar Poli. 

H.E Baek Song Taek, selaku Duta Besar Korea Selatan untuk ASEAN memaparkan dukungan pemerintah dalam ekonomi kreatif industri hiburan Korea.

"Pemerintahan Korea Selatan mendukung perkembangan K-Movie melalui Busan International Film Festival, yang saat ini menjadi festifal film nomor satu di Asia."

Rahasia lainnya dalam upaya globalisasi Korea adalah karena makanan Korea yang beragam, tempat wisata seperti Nami Island dan Jeju Island, pusat berbelanja,gamesfashionmake up

Terdapat beberapa cara untuk menjadikan suatu budaya menjadi sukses yaitu, pertama, Globalization, Kim Yong Wook mengatakan, "lakukan globalisasi dalam kompetisi karena globalization is not optional but advanture."

Kedua, wirausaha atau enterpreneurship. Ketiga, perlu adanya pencampuran, perubahan dan evolusi dalam upaya globalisasi. Seperti dalam industri K-Pop yang dilakukan oleh penyanyi BoA dari SM Entertainment yang dikenal sebagai penyanyi Asia terbaik pada masanya, ia menjalani kesuksesannya mulai dari usia 12 tahun. Terakhir, adanya dukungan dari pemerintah seperti untuk hal dana dan promosi. 

Keempat upaya globalisasi yang dilakukan oleh Korea Selatan tersebut menjadi visi ekonomi kreatif mereka kedepannya. Bagaimana dengan Indonesia?

CR: http://www.lovelytoday.com/topkpop/2014/11/21/23792/ini-dia-rahasia-k-wave-sukses-mendunia ; Google for all the picture

Tidak ada komentar:

Posting Komentar